Kemnaker: K3 Harus Kita Jadikan Prioritas dalam Meningkatkan Produktivitas

Jakarta–Kementerian Ketenagakerjaan mengingatkan peranan penting aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam meningkatkan produktivitas.

“Aspek K3 menjadi salah satu aspek pendukung yang harus kita jadikan prioritas dalam meningkatkan produktivitas,” ujar Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang.

Dirjen Haiyani mengatakan hal tersebut pada Apel Pagi Kemnaker yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (22/11/2021).

Dirjen Haiyani mengatakan, penerapan K3 diperlukan untuk mencegah kecelakaan kerja dan mengurangi terjadinya penyakit akibat kerja.

Selain itu, sambungnya, K3 juga menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan, termasuk penerapan K3 di lingkungan kerja Kemnaker.

Menurutnya, terdapat sejumlah faktor penerapan K3 lingkungan kerja yang dapat meningkatkan produktivitas kerja, di antaranya faktor psikologi. Faktor psikologi, katanya, memegang penting aspek K3 lantaran mempengaruhi output atau hasil kerja seseorang.

“Jika Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak merasa nyaman dalam bekerja, tentu saja hal tersebut akan berdampak pada peningkatan produktivitas ASN dan tentunya Kementerian Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Untuk itu, ia mengajak pegawai di lingkungan Kemnaker, khususnya ASN agar menjadikan apel pagi ini sebagai momentum guna memperkuat pelaksanaan K3 di lingkungan Kemnaker sekaligus mengawali langkah mempersiapkan Bulan K3 Nasional Tahun 2022.

“Komitmen ini dilakukan dalam kerangka membangun ASN yang solid untuk peningkatan produktvitas. Dan ini sejalan dengan motto ‘K3 Unggul Indonesia Maju’,” ujarnya.

Biro Humas Kemnaker

sumber referensi : kemnaker.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *